5 Ketrampilan Guru Digital untuk Kelas Digital Efektif & Efisien

Menyukai dunia pendidikan, strategi branding dan marketing untuk sekolah dan lembaga serta secangkir kopi hitam tanpa gula. Kenalan yuk!

2 menit

Menciptakan kelas digital yang efisien dan efektif membutuhkan sosok guru digital untuk bisa mengembangakn keterampilan komunikasi yang luar biasa.

Selama ini, keterampilan berkomunikasi yang sudah dikuasai di kelas konvensional, harus bisa diimplementasikan di kelas digital.

Terlebih lagi dengan kondisi pembelajaran yang mungkin sampai tahun ajaran baru, konsep kelas digital akan semakin banyak dijadikan kebijakan di sekolah dan yayasan.

Setidaknya ada lima ketrampilan yang harus terus di asah oleh guru digital jika ingin menciptakan kelas digital yang efektif dan efisien, diantaranya:

1. Communication Skills

Lingkungan belajar online sangat membutuhkan instruksi yang jelas dan singkat. Pendidik yang sudah berpengalaman dalam pembelajaran tatap muka langsung, tetap harus mengasah keterampilan berkomunikasi dalam bentuk yang tepat. Seperti, penggunaan grafik, video dan file audio digital untuk berkomunikasi. Sesuai dengan channel yang digunakan untuk melakukan komunikasi kepada siswa maupun kepada orangtua.

2. Technology Literation

Guru digital juga harus mengembangkan keterampilan dan pengetahuan khusus untuk sistem pendidikan berbasis web. Guru harus mampu menunjukkan kemahiran dalam enam bidang ini:
  • Pengetahuan lengkap tentang persyaratan aksesibilitas untuk teknologi di kelas dan instruksi online
  • Kemampuan untuk mengevaluasi sumber daya Internet.
  • Memahami aspek-aspek hak istimewa dan pelanggaran hak cipta.
  • Pemodelan dan pemantauan etika yang tepat dan kebijakan penggunaan media digital yang diterima secara umum.
  • Merancang dan mengimplementasikan rencana pelajaran yang sesuai untuk siswa digital.
  • Kemampuan untuk memecahkan masalah teknis ringan seperti penanganan masalah audio dan visual saat live streaming, menampilkan layar dan menonaktifkan microphone dan lain-lain.
Baca juga  Membuat Pelajar Menjadi Kasmaran Belajar

3. Time Management Skills

Manajemen waktu bahkan lebih penting dalam lingkungan pembelajaran online daripada di ruang kelas tradisional. Informasi di Internet sering berubah. Guru harus dapat mengevaluasi informasi dan memperbarui materi pelajaran yang diperlukan untuk memastikan siswa memiliki informasi yang tepat waktu dan relevan.
Selain itu, umpan balik instruktur harus diberikan kepada siswa sesegera mungkin. Tugas harus dinilai dalam satu minggu setelah pengajuan. Memberikan rubrik dengan umpan balik yang sesuai untuk tugas mendorong siswa untuk meninjau pekerjaan mereka dan mengajukan pertanyaan tentang materi pelajaran saat kursus berlangsung.
Siswa yang mengambil kelas di kelas digital tidak selalu menghadiri kelas selama jam sekolah normal. Menjadwalkan waktu konferensi dan waktu kantor pada malam hari dan akhir pekan adalah penting.

4. Evaluation & Assessment Skills

Guru digital harus dapat mengevaluasi kinerja siswa secara akurat. Konsekuensinya adalah tugas evaluasi dan asesmen ini akan banyak menyita waktu karena harus memantau satu-persatu siswa dalam kelas digital tersebut.

5. Teaching students to apply the concept

Beberapa siswa mungkin mengalami kesulitan dalam menyimpan informasi yang dipelajari melalui kelas digital. Seorang guru digital yang efektif, harus memiliki keterampilan yang cukup untuk mengembangkan kurikulum kelas digital yang menarik, memotivasi dan mendorong siswa untuk berpartisipasi penuh.
Komponen interaktif, bacaan pelengkap yang relevan dan tepat waktu dan relevan memperkuat retensi. Guru digital juga harus mengembangkan keterampilan untuk membantu siswa terlibat sepenuhnya sesuai dengan kemampuan belajar masing-masing individu.
Nah, demikian lima ketrampilan yang harus dimiliki guru digital untuk menciptakan kelas digital yang efektif dan efisien. Anda punya cerita menari seputar kelas digital? Boleh bagikan di kolom komentar.

Dapatkan info terbaru
melalui email..

Leave a Reply