Cara Membuat BioLink Gratis dengan Google Sites

Menyukai dunia pendidikan, strategi branding dan marketing untuk sekolah dan lembaga serta secangkir kopi hitam tanpa gula. Kenalan yuk!

5 menit

Sebelum membaca lebih lanjut, bagi anda yang belum tahu tentang BioLink. Biolink adalah tautan yang disematkan di media sosial, biasanya diinstagram.

Mengapa perlu biolink? Karena, ada beberapa penawaran yang biasanya dibuatkan tautan, yang tidak bisa diakomodir oleh satu tautan saja, sementara di Instagram membatasi hanya bisa 1 tautan yang disematkan di halaman profil.

Nah, beberapa layanan Biolink sebenarnya sudah lama, ada yang gratis ada pula yang berbayar. Sebut saja, linktree, saya juga pernah memakainya. Ada juga yang sering muncul di iklan facebook, eh atau saya saja ya. LinkBio, BioLink, LinkShort, de el el.

Intinya, memudahkan audiens yang ingin diarahkan oleh si empunya akun Instagram. Bisa diarahkkan ke biolink tersebut yang merangkum beberapa tautan dalam bentuk tombol ataupun hyperlink, bahkan juga video.

Nah, saat saya utak atik Google Site untuk bahan pelatihan. Sempat kepikiran, apa bisa ya Google Site ini dipakai pengganti dari biolink yang nempel di Instagram?

Daaan…sudah saya coba! It works! Gratis, tidak berbayar. Meskipun ada kekurangannya sih..Apa itu? nanti kita bahas.

Nah, ini adalah tutorial bagaimana cara membuat biolinks dengan menggunakan Google Sites.

1. Siapkan Bahannya

Foto anda yang paling ketche. Foto yang sudah dijadikan inframe di lingkaran atau boleh sih masih persegi. Tetapi, saran saya gunakan yang bulat/lingkaran. Edit sebentar dengan Canva, atau editor yang lainnya. Seperti ini contohnya:

Ini hanya contoh ya gaess..

2. Siapkan tautan-tautannya.

Buat list sederhana di notepad atau Ms Word untuk mencatat tautan-tautan yang ingin dipasang di biolink yang akan kita buat dengan Google Sites. Apa langsung gak boleh? Boleh lah, daripada lupa nanti dicatat dulu mamen. Oke?

Baca juga  Mengoptimalisasi Media Sosial Sekolah (Bagian 1)

Contohnya:

Link 1: Informasi Menarik Seputar Tips Make-up 
https://www.namabloganda.com

Link 2: Kursus Online Gratis
https://www.kursusonlinegratis.com/gratisstiss

Link 2: Alamat Facebook Fanpage
https://facebook.com/namafanpage

Berapa banyak list? Setidaknya tidak lebih dari 6 list, karena akan terkesan terlalu banyak tawaran di biolink anda. (ini pendapat personal sih). Jika ingin banyak sebenarnya juga tidak apa-apa.

3. Saatnya Buat

Buka Google Drive (1) anda dan buat file Google Sites (2). Bingung? Lihat gambar di bawah:

Setelah itu, akan muncul halaman baru di browser anda. Lalu, ubah menjadi nama anda (atau lembaga) baik di nomor (1) dan (2). Lihat gambar di samping eh di bawah dink.

Untuk membuat biolink anda lebih clean dan kekinian, ubah tipe header menjadi tanpa background atau tanpa gambar (TITLE ONLY). Lihat gambar di bawah:

Setelah itu, tampilan akan berubah menjadi hanya Nama Anda saja, tidak ada background ataupun yang lainnya. Hanya teks saja.

Langkah selanjutnya, pilih menu sebelah kanan, Placeholder (1) dan klik tanda plus (2). Lihat gambar di bawah:

Pilih foto atau gambar profil yang sudah disiapkan tadi. Belum disiapin??? Hemmmm..siapin dulu gih. Jika file ada di komputer, pilih upload/unggah, jika ada di Drive ya pilih di Drive. Sesuai dimana tempat anda menyimpan foto ketche anda.

Jika sudah berhasil kira-kira, tampilannya seperti ini

Lho, kok sudah ditengah? Iya lah. Tinggal di klik, drag lalu geser ke tengah. Sebisa mungkin di tengah. Pas di bawah judul “NAMA ANDA”.

Setelah itu, klik menu “BUTTON” (1) dan isikan daftar nama (2) dan tautan yang sudah anda siapkan sebelumnya (3). Lihat gambar di bawah:

Setelah diisikan name dan link, klik INSERT. Maka, tampilannya akan seperti ini:

Baca juga  Apa itu branding sekolah?

Nah, button ini tinggal kita geser ke tengah, biar rapih.

Lakukan langkah yang sama untuk membuat Link 2, Link 3. Link 4 dan seterusnya.

Setelah jadi semua, kira-kira tampilannya akan seperti ini:

Untuk variasi warna, anda bisa mencoba-coba mengubah themes, di sebelah kanan. Klik THEMES, lalu pilih warna di icon BUCKET, atau keranjang warna. Lihat gambar di bawah:

Pilih warna sesuai selera dan pastikan sesuai, cocok dengan warna branding personal anda atau lembaga anda.

Setelah memilih warna yang sesuai dan cocok, kini saatnya untuk mempublikasi biolink yang sudah kita buat dengan cara, klik tombol PUBLISH (1) yang berada di sebelah kanan atas, pilih nama alamat tautan (2) yang masih tersedian (belum terpakai) dan klik tombol PUBLISH (3). Lihat gambar di bawah agar lebih jelas

Daann..jadilah biolink gratis dan murah meriah dengan menggunakan Google Sites.

EXTRA atau PENGAYAAN

  1. Anda bisa menambahkan footer atau bagian bawah dari biolink yang kita buat. Untuk apa? Untuk menambah keindahan..hehehehe
  2. Anda juga bisa menambahkan video yang sudah ada di youtube dengan cara klik tombol youtube, cari videonya, pilih video yang dimaksud dan klik insert. lihat gambar

Anda juga bisa menambahkan gambar produk, poster, audio ataupun dokumen PDF yang disimpan di Google Drive.

Demikian tutorial mengenai, cara membuat biolink sederhana dengan menggunakan Google Sites. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Jika ada pertanyaan dan saran, silakan disampaikan di kolom komentar. Terimakasih sudah membaca sampai tuntas..

NB: Oh ya, ini juga bisa digunakan untuk biolink akun sekolah yang bisa dijadikan salah satu media penempatan tautan PPDB/PSB untuk ajaran tahun berikutnya.

Dapatkan info terbaru
melalui email..

Leave a Reply