Jumat, 01 Februari 2019

Catatan Secangkir Kopi Hitam (CSKH) Day #19 - Kurang Asin


Pagi ini saya tidak sempat menikmati sarapan di rumah. Walhasil soto daging madura yang ada di depan kantor menjadi tujuan pertama sesaat setelah sampai di kantor. Soto daging yang menjadi andalan para pekerja di sekitarnya mulai dari kantor dinas maupun kantor swasta.

Soto ini sebenarnya tidak terlalu spesial, namun selalu ramai dikunjungi oleh para pelanngan setianya. Mungkin karena cukup mengeluarkan uang 5 ribu ditambah dengan 3 ribu sudah mendapatkan seporsi soto daging.

Menurut saya soto ini kurang asin.

Saat anda menghadapi situasi seperti saya, apa yang akan anda lakukan?

Ada dua pilihan yang bisa dilakukan, pilihan pertama adalah langsung komplain kepada penjualnya ditambahi dengan bumbu-bumbu emosi atau nggrundel dalam hati. Atau pilihan kedua, cukup dengan mengambil kecap asin dipadu dengan kecap manis sampai mendapatkan rasa yang pas.

Ini baru menghadapi soto yang ke-asinan, belum menghadapi situasi yang lebih ekstrim. Kira-kira apa yang akan kita lakukan?

Mendahulukan meluapkan emosi kekecewaan dan ketidaksetujuan atau dengan tenang mencari solusi praktis dan jalan tengah untuk mengatasi masalah tersebut atau diam-diam mengumpat dalam hati alias nggrundel (baca: ada yg mengganjal di hati, bisa jg berupa marah2 dalam hati).

Pilihan untuk bersikap kembali kepada diri kita. Pilihan yang tentunya mempunyai konsekuensi masing-masing. Pastinya anda tentu lebih tahu daripada saya karena anda yg sedang berhadapan dg masalah tersebut.

Muara dari pengambilan sikap ini ada di dalam hati dan jiwa kita. Sumber yang menjadi awal kemunculan emosi. Perkataan dan sikap yang baik bersumber dari hati dan pikiran yang baik pula. Begitupun sebaliknya.

Jika dirasa apa yang selama ini kita mengeluarkan sikap yang masih menyakiti orang lain, masih berisikan dengan emosi negatif, bisa jadi saatnya kini kita membersihkan hati dan pikiran kita. Diam-diam mengumpat, diam-diam dalam hati 'dendam' dan men-judge- si penjualnya.

Bagaimana sarapan bersama kopi pagi tadi kawan?

Bagikan

Jangan lewatkan

Catatan Secangkir Kopi Hitam (CSKH) Day #19 - Kurang Asin
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Tinggalkan komentar Anda disini! Komentar berbau2 iklan atau terang2 iklan akan saya bantu promosikan tapi bukan disini :D