Selasa, 19 September 2017

Catatan Secangkir Kopi Hitam (CSKH) Day #14 - Tulus

Akhirnya setelah sekian lama kopi hitam ini dirudung pahitnya sepi kini mulai ramai kembali. Kopi saya kali ini bercerita tentang diskusi hangat 2 orang sahabat tentang "tulus". Bukan yang punya single Gajah ataupun Teman Hidup. Bukan.

"Bicaralah yang baik-baik saja, atau diam itu lebih baik"

Pesan dari Pak Kyai saya ini yang menjadi topik kedua sahabat laki-laki yang dipertemukan oleh 2 cangkir kopi hitam yang ada gulanya.

Apa hubungannya pesan Pak Kyai saya dan tulus?

Manusia bertindak dan berbicara baik secara sadar ataupun tidak sadar ditentukan oleh apa yang ada di dalam pikiran mereka. Apa yang terlintas di pikiran mereka dan yang menjadi tumpukan di alam bawah sadar mereka. Pembiasaan pikiran yang baik menjadi tumpukan-tumpukan prasangka serta menjadi pondasi dari "kebiasaan" berbicara ataupun bertindak.

Ketulusan seseorang saat berbicara sesungguhnya sangat terlihat dari informasi yang tersampaikan dengan baik kepada pendengarnya, entah berapapun jumlah pendengarnya. Bahkan dalam bukunya Dale Carniage, menyebutkan kunci sukses saat kita berkomunikasi di depan publik ataupun orang lain sangat ditentukan oleh berapa besar ketulusan kita.

Saat kita berbicara kepada orang lain dengan ketulusan, akan menjadi berbeda dampaknya jika kita tidak tulus alias "bermodus" tertentu. Kita memuji dengan tulus ataupun tidak sangat kentara dimata orang lain. Dan tentunya dampaknya juga berbeda manakala kita menempatkan ketulusan di nomor kesekian.

Berbicara baik, dengan ketulusan hati juga berdampak pada pesan yang direkam oleh pendengar. Berbicara baik tanpa diiringi dengan ketulusan (muncul rasa pamer, merasa lebih baik) membuat pembicaraan kita menjadi kehilangan ruh "baik". Bisa jadi pula kesan arogan, egois, paling benar terkam di benak pendengar atau orang lain.

Tulus, bisa jadi merdu di pembicaraan kita manakala kita mengajak ia didalamnya. Dan semoga apa yang anda bicarakan kepada orang lain mampu ditangkap dengan baik serta bermanfaat untuk mereka.

Semoga kopi hitam saya kali ini pas "tulus"nya.

Bagikan

Jangan lewatkan

Catatan Secangkir Kopi Hitam (CSKH) Day #14 - Tulus
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Tinggalkan komentar Anda disini! Komentar berbau2 iklan atau terang2 iklan akan saya bantu promosikan tapi bukan disini :D