Minggu, 28 Mei 2017

Teknik Bertanya dalam Membangun Kedekatan


Dalam hal komunikasi ada beberapa cara bertanya yang efektif untuk memudahkan kita mempengaruhi orang lain dan membangun kedekatan dengan orang tersebut.

Ada 3 jenis pertanyaan yang bisa kita gunakan untuk membangun kedekatan kita dengan orang lain diantaranya;

1. Pertanyaan Faktual

Jenis pertanyaan ini merupakan pertanyaan yang jawabannya bersifat faktual atau yang sifatnya tentang data dan fakta seputar orang tersebut. Contoh:
- Bapak asli mana?
- Dulu mengambil kuliah jurusan apa?
- Sekarang keluarga tinggal dimana?

2. Pertanyaan Kausatif

Setelah cukup banyak pertanyaan faktual yang dilontarkan, kita bisa melanjutkan tahap lebih mengenal orang tersebut dengan menanyakan pertanyaan kausatif. Pertanyaan kausatif ini adalah pertanyaan yang menjadi "sebab" jawaban dari pertanyaan faktual. Contoh:
- Dulu mengapa bapak mengambil jurusan itu di kampus itu?
- Bagaimana ceritanya bapak di kota ini?

3. Pertanyaan Berorientasi Nilai

Jenis pertanyaan ini akan bisa terjawab dengan baik jika sebelumnya sudah terjalin kedekatan dengan pertanyaan faktual dan kausatif sebelumnya. Anda tidak bisa dengan serta-merta menanyakan pertanyaan jenis ini jika baru saja bertemu dan belum banyak pertanyaan faktual ataupun pertanyaan kausatif tersampaikan.
Contoh:
- Apa menariknya bekerja di perusahaan ini?
- Menurut bapak, serunya bidang ini apa?
- Hikmah seperti apa yang sudah bapak dapatkan semenjak pindah di perusahaan ini?

Pertanyaan berorientasi nilai inilah yang membantu kita menyelami lebih dalam dan mengenali orang tersebut dari value yang bisa kita jadikan arah komunikasi selanjutnya.

Dan dengan pertanyaan berorientasi nilai ini juga kita bisa mendapatkan value atau nilai yang dianut oleh orang tersebut yang mungkin bisa menjadi inspirasi bagi kita sendiri.

Kunci dari komunikasi yang efektif dan berkesan adalah jika anda mampu membuat orang tersebut bercerita dengan bergairah tentang pengalaman-pengalaman hidupnya yang berkesan untuk dia dan dia ingin anda juga ikut menyepakati dan menikmati nostalgia dibalik nostalgia tersebut.

Jadilah pendengar yang baik dan aktif memberikan tanggapan dan jangan sampai yang ktia ajak bicara merasa anda adalah 'reporter' yang dipenuhi pertanyaan-pertanyaan.

Selamat berlatih.

Bagikan

Jangan lewatkan

Teknik Bertanya dalam Membangun Kedekatan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Tinggalkan komentar Anda disini! Komentar berbau2 iklan atau terang2 iklan akan saya bantu promosikan tapi bukan disini :D