Selasa, 30 Mei 2017

4 Teknik Fotografi dengan Smartphone


Dalam fotografi dikenal beberapa teknik dasar agar foto yang dihasilkan "enak" untuk dinikmati oleh publik. Terlepas dari apapun tipe kamera smartphone anda, prinsip fotografi atau tekniknya hampir sama saja. Tinggal bagaimana kita memaksimalkan fitur yang tersedia di smartphone anda.

Ada beberapa teknik atau hal dasar yang sebaiknya anda perhatikan saat mencoba menganbil gambar dengan smartphone diantaranya:

1. Perhatikan Cahaya

Gelap dan terangnya hasil foto dipengaruhi oleh ketersediaan cahaya yang ada di sekitar objek. Arah pengambilan foto jika keliru menghasilkan gambar yang kurang terang. Pastikan cahaya yang ada di sekitar objek cukup dan jika tidak ada sumber cahaya bisa menggunakan cahaya buatan dari penerang.
Contohnya, anda mengambil gambar hitam putih, ambilah foto dengan sumber cahaya dari samping, maka hasil foto anda akan mengesankan karakter yang tegas dengan bayangan yang lebih tegas pula. Atau jika anda sedang dipantai diwaktu senja, ambilah gambar siluet yang berkarakter dengan cahaya matahari tepat dibelakang objek (matahari terhalangi objek). Itu akan memberikan cahaya terang yang mengelilingi objek dan semakin melebar semakin gelap.

2. Sudut Pandang Pengambilan Gambar

Menikmati hasil jepretan itu menikmati sudut pandang si tukang jepret dalam mengambil gambar. Setiap orang punya sudut pandang yang unik dan berbeda degan orang lain. Semakin unik sudut pandang dan tidak biasa bisa jadi menghaislkan foto yang unik dan enak untuk dilihat.

3. Gridline

Smartphone jaman sekarang sudah dilengkapi dengan gridline (garis bantu) berupa 6 kotak yang membagi layar smartphone anda menjadi 3 bagian. Sesekali letakkan objek utama di sebelah kiri atau kanan menyisakan 2 bagian untuk latar belakang.

image

4. Aplikasi Editor Foto

Tidak dipungkiri penggunaan aplikasi yang tepat untuk mengedit haisl jepretan anda juga berpengaruh terhadap hasil foto yang dipublikasikan. Ada beberapa alternatif dalam memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan anda diantaranya adalah Camera360, Adobe Photoshop, Snapseed, dan Overlay.

Demikian 4 Teknik Fotografi dengan Smartphone kesayangan anda. Semoga bermanfaat.

Bagikan

Jangan lewatkan

4 Teknik Fotografi dengan Smartphone
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Tinggalkan komentar Anda disini! Komentar berbau2 iklan atau terang2 iklan akan saya bantu promosikan tapi bukan disini :D